Apa Sih Deface Itu ?

Belum lama ini berita tentang Website Telkomsel dan XL memang sedang panas panasnya, yang awalnya situs Telkomsel terkena Hack tentang keresahan hati seorang pengguna nya yang berisi tentang mahalnya harga paket atau kuota, tidak berselang lama XL juga Kena, Dalam artikel ini saya juga akan menjelaskan pengertian tentang deface, dan hal-hal apa aja sih yang diperlukan pada saat pertama kali belajar deface. Kebanyakan orang yang belajar Deface adalah untuk meretas untuk mementingkan untuk mengganti halaman home website dengan file yang sudah di siapkan sebelumnya.

Apa Sih Deface Itu ?

situs telkomsel tekena deface
Sumber image : Google


Sebelum kita mengenal jauh tentang Deface Kita harus mengerti dulu apa itu deface.

Pengertian :

Deface atau yang berarti Merusakkan, mencemarkan, menggoresi, menghapuskan dalam kamus UMUM, tetapi dalam arti kata deface disini sebenarnya bisa di bilang untuk hal yang baik kalau di gunakan dengan orang yang tepat. misalnya saja menggunakan deface untuk kegiatan merubah tampilan suatu website baik halaman utama atau indexnya (masih dalam satu url tentunya).
Deface adalah tekhnik yang menyisipkan file pada sistem security yang ada di dalam sebuah hosting atau server website, tehnik ini di gunakan karena terdapat lubang pada sistem security yang ada di dalam sebuah aplikasi. Guna bertujuan yang lebih baik agar si pemilik situs mengetahui di mana celah kelemahan websitenya. Para Hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar semua orang tau hasil kerjanya.
Peretas atau hacker sendiri dikenal dengan sebutan Defacer.

Jenis-Jenisnya :

  • Full of Page
         Artinya mendeface pada satu halaman home alias file index atau file lainnya yang akan di rubah secara utuh. Biasanya seorang defacer harus berusaha mendapatkan prveleged dlu, baik itu root account atau sebagainya yang bisa memungkinkan untuk bisa di kendalikan file indexnya secara utuh.
  • Sebagian atau hanya menambahi    
         Artinya, defacer akan mendeface suatu halaman tetapi tidak secara utuh, biasanya hanya mengubah atau menampilkan bbeberapa kata atau gambar atau bisa juga menambahkan sricpt yang mengganggu. Hal ini biasanya mencari celah baik dari kelemahan script yang di gunakan XSS injection, bisa juga denga SQL atau database injection yang biasanya di temukan pada situs menggunakan CMS (Custom Manajemen System).

 Karena saya blm pernah belajar tentang Deface, artinya saya tidak akan menjelaskan apa saja yang mesti di lakukan atau memberikan tutorial deface situs. Mungkin nanti kalau saya sudah belajar tentang deface baru bisa buat tuorial nya di blog ini, jadi pantengin terus aja blog saya hahahaha. Sekian dlu ya, semoga bermanfaat.


Postingan ini di tujukan bagi kalian yang ingin tau dan mengeri apa itu deface. Artikel ini bertujuan untuk edukasi dan pengetahuan, yang bersifat umum. Artikel ini bukan artikel yang membahas tutorial cara mendeface atau meretas dengan exploit tertentu.

Artikel ini di ambil dari sumber :

- http://mata-cyber.blogspot.co.id/2014/06/apa-itu-web-attack-beserta-alur-web.html
- https://apriyandis.wordpress.com/2013/11/20/pengertian-deface-dan-contoh-kasus-di-indonesia/


Previous
Next Post »

Tolong Patuhi Peraturan Berikut :

#Berkomentar Sesuai Topik Pembicaraan
#Berkomentar Dengan Kata Sopan
#Dilarang Membawa Nama Orang Tua Dan Agama
#Komentar Spam Akan Saya Hapus

EmoticonEmoticon